Cara setir mobil manual

Posted on 19 Juni 2010

0


setir mobil
Hari ini, untuk pertama kalinya gw pulang sekolah nyetir sendiri! Yay! Masih ditemenin supir sih. Siap-siap gitu pegang rem tangan. Maklum lah takut kalo ada apa-apa… Dalam post kali ini, gw bakal nulis apa aja yang gw ketahui tentang menyetir mobil manual (belom pernah jajal matic).
Ciri khasnya mobil manual yaitu adanya tangkai di sebelah kiri pengemudi. Fungsinya untuk mengatur persneling. Gw sih biasanya nyebutnya gigi. Gak tau deh tuh istilah bener ato gak. Buat pindah persneling, caranya injek kopling full (ampe mentok), terus tinggal gerakkin deh tangkainya. Ada tulisannya koq 1-2-3-4-5-R. Kalo di tengah-tengah, itu posisi netral. Aman dan mobilnya gak bakal jalan.
Di bawah ini adalah kapan gigi 1-2-3-4-5-R digunakan (setau gw);
• Gigi 1: pada saat mobil baru dijalankan/ pada saat macet
• Gigi 2: setelah mobil sudah lumayan berjalan (setelah gigi 1)/ pada saat akan berbelok
• Gigi 3: jalan raya yang cukup lancar
• Gigi 4: jalan raya sangat lancar
• Gigi 5: jalan tol
• Gigi R: mundur
Gw bisa maju, mundur, belok, dan nanjak loh
Maju:
1. Injek kopling full.
2. Masukkin gigi 1.
3. Angkat kopling pelan-pelan sambil injek gas.
4. Jalan deh mobilnya.
Mundur:
• Sama aja kek maju. Setirnya diputer ke kiri, pantat mobil ke kiri. Setirnya diputer ke kanan, pantat mobil ke kanan.
Belok:
1. Nyalain sen (yang cetak-cetek kanan-kiri itu).
2. Injek kopling setengah. Sambil injek rem kalo perlu (terutama dari kecepatan tinggi).
3. Puter setir ke kiri/ kanan sesuai kebutuhan
Nanjak: (buat kondisi mobil dari stop mao jalan di tengah-tengah tanjakan)
Pake rem tangan:
1. Injek kopling full. Masukkin gigi 1.
2. Angkat kopling pelan-pelan ampe suara mesin terdengar beda. Agak gretek-gretek gitu.
3. Turunin rem tangan.
4. Kalo bener ngangkat koplingnya, pasti mobilnya gak mundur tapi diem. Tinggal ngegas deh ato angkat kopling dikit lagi.
Gak pake rem tangan:
1. Pas kondisi kopling full dan rem diinjek, angkat kopling pelan-pelan ampe suara mesinnya beda.
2. Angkat rem kaki. Kalo bener pasti mobilnya juga ga turun. Sisanya tinggal ngegas ato angkat kopling sedikit.
Keknya segitu doank yang bisa gw sharing Besok muter-muter lagi ah (sok hebat). Minggu lalu udah hampir nabrak pagar rumah orang di gang. Tapi untung sempet ngerem. Haha Semoga diri gw diberkatin Tuhan besok
Kembali ke atas