TELEPORT PRO

Posted on 27 Juni 2010

0


Ada pertanyaan yang masuk ke website saya, yaitu bagaimana cara menggunakan program teleport pro maupun ultra untuk mendownload seluruh isi website atau sebagian saja?.
Oh, ya, bagi yang belum tahu apa itu Teleport, baiklah saya jelaskan sebagai berikut:
Teleport adalah program untuk mendownload seluruh ataupun sebagian isi website secara cepat. Dengan mendownload isi website tersebut, maka kita dapat melakukan browsing terhadap website secara offline (tidak perlu terhubung dengan internet). Artinya ketika link-linknya kita klik, halaman yang bersangkutan akan langsung tampil, tidak ada kata-kata “internet connection error” atau semacamnya. Jadi mendownload seluruh atau sebagian isi website merupakan pilihan yang sangat nyaman apabila :
• Isi websitenya menarik
• Besar website diperkirakan masih dapat kita tampung
Tentunya tidak logis apabila kita mendownload http://www.google.com, karena besar file di google sudah ribuan Terabyte.
Kita bisa juga mendownload file tertentu saja dari sebuah website, misalkan kita ingin mencari file gambar saja dari http://www.ngaco.com, maka keseluruhan file gambar di website tersebut akan ditampilkan lalu tergantung setting kita apakah akan mendownloadnya atau tidak.
1. Untuk mendownload menggunakan teleport ultra / pro, caranya sebagai berikut:
2. Install dulu teleport ultra. Kalau belum punya, bisa download disini
3. Setelah diinstal, jangan langsung dibuka. Namun timpa file asli dengan file cracknya. Sebelumnya, ganti nama file crack tersebut dengan ultra (nama yang sama dengan file asli)
4. setelah itu baru teleport ultra bisa dijalankan.
Sebelum menjalankan teleport, anda harus sudah punya alamat website yang akan didownload. Misalkan anda ingin mendownload http://www.photoshopcafe.com; maka perkirakan dulu, kira-kira website tersebut besar apa enggak (kalau site grafis pasti besar sekali). Karena itu, maka anda perlu menyeleksi mana saja yang perlu didownload. Misalkan anda ingin mendownload tutorial saja. maka alamat yang akan anda download adalah http://www.photoshopcafe.com/tutorials.htm
Langkah selanjutnya adalah :
File/New Project Wizard / Duplicate website… (lihat gambar)

saya akan jelaskan masing-masing pilihan diatas
• Create a browsable copy : seluruh website akan dicopy, anda bisa mengklik masing-masing link, namun struktur situs tidak dipertahankan. Artinya file anda akan berada dalam satu folder
• Duplicate a website… : semua link akan dicopy dan stuktur situs akan dipertahankan. disarankan memakai opsi ini
• Search a website for… : untuk mencari file tertentu saja dari situs dimaksud. Misalkan anda hanya ingin mencari file pdf saja
• Explore every site… : yang ini justru mencari semua situs yang ngelink di situs target kita
• Retrieve one… : Apabila kita sudah mempunyai beberapa data alamat file yang akan kita download, gunakan opsi ini.
• Search a website… : mencari di website target hanya file dengan keyword yang akan kita masukkan

Langkah selanjutnya, copy paste alamat site yang kita tuju di kotak starting address. Untuk up to, pengertiannya sebagai berikut:

tutorial
• microsoft
o powerpoint
o word
 visual basic
photoshop
• text manipulation
• photo enhancing
Folder tutorial mempunyai sub folder microsoft dan photoshop. Microsoft sendiri ada subfolder powerpoint dan word. Word punya subfolder visual basic. Artinya. Tutorial ke microsoft mempunyai kedalaman link 1, microsoft ke word = 2, dan ke visual basic = 3. Jadi kalau anda pingin seluruh link diambil, maka tentukan link deep sebanyak mungkin misalkan angka 100, cukup besar.

Langkah ketiga adalah menentukan jenis file yang akan didownload. Agar website berjalan normal, sebaiknya everything artinya semua jenis file didownload. Namun kalau anda hanya ingin mendapatkan gambar, tentukan misalkan Graphic and sound atau halaman html saja (just text).
Pengesetan selesai. Tekan FINISH, lalu simpan nama file di folder dengan nama yang anda suka. File hasil download akan diletakkan juga disitu, jadi harus dipilih tempat dengan kapasitas hardisk yang mencukupi, misalkan di d:\.
project (dengan ekstensi tpu) merupakan file teleport. File ini berisi data halaman yang akan kita download, sejauh mana download kita dan seterusnya. Artinya apabila kita belum selesai mendownload, download dapat diteruskan besoknya, asalkan file tpunya jangan dihapus.

Project kita siap, tinggal tekan tanda start (segitiga berwarna biru) dan tunggu sampai selesai.
Hasil download anda akan berada di folder dengan nama sama dengan file tpu. carilah file dengan nama index (ekstensi boleh .php, htm, html) di folder http://www.photoshopcafe.com (alamat website yang kita download), buat shortcut, lalu letakkan di dekstop atau tempat lain agar lebih mudah mencarinya.

Diatas adalah hasil download saya untuk tutorial photoshop. Lihat kolom address bar, file://… dst. artinya saya sedang tidak terhubung internet. dan link-linknya tetap jalan.
Selamat offline browsing

Posted in: Aneka_tips