Ekspor Mobnas ESEMKA

Posted on 6 Juli 2010

0


Ayo Ekspor Mobnas ESEMKA

Mobil Nasional Indonesia ESEMKA
Mobil Nasional Indonesia ESEMKA

Kalau seandainya mobil nasional ESEMKA buatan anak-anak SMK Indonesia jadi diproduksi massal, maka sangat perlu dipikirkan untuk mengekspornya.
Salah satu tujuan yang paling menggiurkan tentunya adalah Arab. Tentu perlu strategi yang paling jitu untuk merobek pangsa pasar di Arab. Ada beberapa strategi:
Strategi pertama dengan ekspor langsung tentu dengan menggandeng perusahaan setempat disana. Khususnya distributor yang sudah mapan. Cara ini adalah yang paling umum.
Meniru gaya Iran dalam menguasai pasar otomotif Arab melalui Syria. Dimana produk Samand diperkenalkan sebagai made in Syria. Tentu kedua pihak harus membentuk JV untuk mendirikan pabrik di negara setempat. Apabila cara ini dilakukan maka mobil ESEMKA bisa diproduksi bersama di negara yang paling besar pasarnya, seperti Saudi, UAE atau Qatar. Jadi produk ESEMKA bisa diproduksi di sana, dengan merek setempat.
Negara-negara lain yang paling getol ingin membangun industri otomotif sendiri dengan merek sendiri adalah Mesir, Aljazair, Marokko dan Mauritania. Produsen ESEMKA bisa bekerja sama untuk menjual prosuk-prosuk spare-part sehingga saling menguntungkan.
Pangsa pasar Afrika adalah pangsa pasar yang paling masih terbuka. Misalnya Nigeri, Sudan, Mauritania, Senegal dll. Apabila penetrasi pasar di Arab dan Afrika menguntungkan baru ekspansi ke regional lainnya.

Posted in: Oto_Mobil