Jangan Sia-siakan Mobnas Esemka

Posted on 6 Juli 2010

0


detikOto
SUV Esemka (Bagja-detikOto)
Jakarta – Pemerintah jangan menyepelekan keahlian anak-anak SMK yang telah membuat mobil nasional Esemka. Paling tidak, pemerintah mengakomodir kemampuan anak-anak SMK. Hal tersebut disampaikan pengamat otomotif, Suhari Sargo ketika dihubungi detikOto, akhir pekan lalu.
“Pemerintah jangan menyianyiakan keahlian anak SMK, dan diberi peluang untuk dapat pendidikan umum dengan diberikan pendidikan umum keluar negeri dengan tujuan mendalami keahlian mereka,” katanya. Menurutnya, hal ini perlu dilakukan agar menunjang kreatifitas dan keinginan serta keberanian anak-anak SMK tersebut agar keahlian mereka tidak mati begitu saja. “Kreatifitas ini baik dan perlu dihargai untuk menunjang kemauan dan keberanian mereka,” tegasnya. Dengan adanya ini, lanjut Suhari, berkembangnya keahlian anak-anak dalam membuat mobil bisa disalurkan untuk industri otomotif dalam negeri. “Untuk kelanjutannya pekerja disalurkan untuk pabrik mobil yang ada di Indonesia,” ujarnya. Anak-anak SMK saat ini sudah membuat 5 protipe mobil nasional Esemka berkapasitas 1.500 cc yaitu SUV, pick up double cabin, sedan, pick up single cabin serta van.

Dari keseluruhan prototipe Esemka ini telah dikembangkan oleh SMK Muhammadiyah 2 Borobudur, Magelang Yogyakarta, untuk bodi dan desainnya. SMK 4 Negeri Jakarta, dan SMK 1 Cibinong khusus mengembangkan teknologi.

Posted in: IPTEK