Gerhana Venus Terjadi Minggu Ini

Posted on 22 Juli 2010

0


Peristiwa ini sangatlah langka mungkin hanya sekali seumur hidup. Menurut Direktur Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat, Hakim L Malasan, mengatakan peristiwa ini sangat menarik. Peristiwa yang sangat langka ini baru akan terjadi di tahun 2050 mendatang.

Gerhana Venus terjadi karena sejajarnya posisi Bumi, Bulan dan Venus. Sayangnya Gerhana Venus hanya bisa disaksikan di 70 kota di Indonesia. Gerhana ini akan terjadi pada minggu petang nanti. Di Indonesia, Gerhana ini bisa dilihat di Batam, Bengkulu, Padang, Palembang, Jawa, Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Pontianak, Katapang, Palangkaraya, Poso, Gorontalo, Kendari, Palu, Manado, Ujung Pandang, Bima, Ternate, Denpasar, Mataram dan Natuna.
Dari Bumi, venus akan terlihat sekejap karena tertutup oleh pergerakan posisi Bulan seolah-olah Venus bergerak di belakang Bulan. Para Astronom menyebutnya Okultasi. Munculnya Venus akan terlihat di Bandung pukul 18.50 WIB menurut Hakim selaku pengamat di Observatorium Bosscha ini. Awalnya Bulan terlihat berbentuk sabit karena umurnya yang baru 2 hari atau bulan baru, di ujung lengkungan sabit itu, Venus akan mulai terlihat di sebelah kiri namun perlahan lenyap dan akan muncul kembali pada pukul 19.30 WIB di bagian sebelah kiri bawah.
Para warga di Dunia ini mungkin sudah tidak sabar bagaimanakah bentuk dari bulan Venus ini, termasuk para Astronom di Dunia.

Posted in: fenomena