Dyna 110 PS: Gesit, Cepat dan Mantap di Jalan Mulus

Posted on 6 Agustus 2010

0



TAM

Varian Toyoyta Dyna 110PS

KOMPAS.comThe Right man in the right place! Itulah strategi produk yang ditawarkan Toyota khusus untuk kendaraan komersial, Dyna. Selain menciptakan pekerja berat yang tangguh di berbagai medan (off-road, tanjakan curam, muatan banyak dan jarak jauh), yaitu 130HS dan 130XT (130PS), Toyota juga merancang khusus Dyna untuk on-road, beroperasi di jalan mulus. Versi ini mampu melaju lebih cepat, bermanuver lincah di tikungan, jalanan sempit dan lalu lintas yang ramai. 
Tak kalah menarik, biaya operasionalnya juga lebih ekonomis. Pasalnya, pengemudi tidak perlu memaksa habis kemampuan Dyna ini. Untuk itu, dari mesin yang sama, tenaga dan torsi diturunkan agar konsumsi bahan bakar lebih irit. Versi ini adalah 110PS. 
Pada mesin sekarang – terutama diesel – hal tersebut bisa diperoleh dengan menentukan jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke dalam mesin atau yang akan dibakar. Khusus untuk mesin Dyna 110PS, dikurangi.
Hasilnya, tenaga mesin ini dieroleh pada putaran lebih rendah dari Dyna 130PS. Untuk mesin 110PS, tenaga maksimum diperoleh pada 2.700 rpm atau 100 rpm lebih rendah. Sedangkan torsinya, tetap pada putaran yang sama, yaitu 1.800 rpm. Selanjutnya, varian dibedakan berdasarkan perbandingan gigi akhir, aplikasi dan dimensi.
Dyna 110PS terdiri dari tiga varian. Masing-masing 1019ET, 6-roda, 110FT (Fast Truck) 6-roda dan 110ST (Small Truck) 4-roda. Semua bisa dikonversi sesuai dengan kebutuhan konsumen. Ketiganya mnenggunakan mesin W04D-TP, sama kapasitasnya dengan W04D-TR.
110ET(Econo Truck), 6-Roda 
Ini adalah truk  6-ban yang mengandalkan kombinasi perbandingan gigi transmisi dan gardan (gigi akhir. Untuk transmisi dipilihkan M153 dengan perbandingan gigi gardan 6,167. Dengan kombinasi tersebut,  Dyna 110ET menjadi truk ekonomis yang tangguh di medan berat dan tanjakan. GVW-nya mencapai 7.500 kg, namun yang pasti, konsumsi bensinnya bisa diturunkan atau lebih ekonomis. Salah satu aplikasi tipe yang banyak digunakan konsumen adalah bak kayu terbuka. Dengan ini bisa digunakan membawa berbagai jenis muatan, mulai dari pasir, batu dan lainnya.
110FT (Fast Truck), 6-Roda
Bagi pengusahaan yang ingin menggunakan truk untuk membawa muatan yang lebih ringan lagi, jalanan yang dilalui juga mulus, Dyna 110FT adalah paling tepatnya. Dengan GVW 7.000 kg, menjadikan tipe sebagai truk yang menguntungkan buat memajukan bisnis. Menggunakan transmsi yang sama dengan110Et, namun perbandingan gigi gardan dibuat lebih kecil, 5,125. Dengan ini, bisa dikebut lebih cepat dan lincah, konsumsi bahan bakarnya juga irit. Contoh aplikasi 110 FT adalah boks dengan muatan yang lebih ringan.
110ST (Small Truck) 4-Roda
Cocok untuk dalam kota atau antar kota jarak dekat. Menggunakan transmisi yang sama dengan Dyan 110PS lainnya namun, perbandingan gigi gardan dibuat lebih kecil lagi, 4,625. Kemampuan membawa muatan 5.200 kg. Ini menjadikan truk yang sangat lincah di jajaran Dyna. Selain untuk angkutan barang jarak dekat, aplikasi lain yang menguntungkan dari Dyna 110 ST adalah mikrobus. Utamanya untuk transportasi jarak dekat dan sedang dengan frekuensi operasional yang lebih tinggi.
Untuk memperoleh Dyna sesuai dengan kebutuhan di lapangan, konsultasikan dulu dengan dealer Toyota terdekat. Dengan demikian, Anda tidak akan kecewa. Membeli truk, tidak cukup hanya dengan mempertimbangkan aspek harga (murah), nilai jual bekas, juga harus mempertimbangkan secara pasti,  medan yang akan dilalui dan jenis muatan.
Pertimbangan, lain seperti kemampuan membawa muatan lebih banyak atau berat di medan yang banyak tanjakan curamnya dan  jarak tempuh jauh, juga mesti dipertimbangkan. Juga tak boleh dilupakan, jaringan untuk memperoleh layanan pembelian unit, karoseri, pemeliharaan dan suku cadang (harga dan kualitas) adalah faktor yang mesti diperhitungkan. Namun yang pasti, Toyota akan memberikan bukti, layanan untuk pemakai Dyna akan terus ditingkat.
Di antara produsen mobil, kami  punya jaringan  paling luas di Indonesia. Layanan kami sudah terbukti memuaskan. Lantas, untuk kualitas produk, kami juga telah membuktikan hebat dan menjadi produsen dengan penjualan nomor satu di Indonesia saat ini,” jelas Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor tentang Dyna.

Posted in: Oto_Mobil