Bridgestone Luncurkan Ban Ramah Lingkungan

Posted on 13 Oktober 2010

0



Bridgestone Luncurkan Ban Ramah Lingkungan

image

BRIDGESTONE meluncurkan ban terbarunya yang ramah lingkungan. Adalah “ECOPIA EP 100A”, nama produk terbaru Brigdestone yang diluncurkan di acara otomotif tahunan Internasional Motor Show (IIMS) beberapa waktu lalu.
Ban besutan Bridgestone ini dikembangkan dengan teknologi yang bisa mengurangi gas buang karbon melalui efisiensi bahan bakar pada kendaraan. Membawa misi yang memperhatikan keselamatan berkendara dan menjaga performa terbaik sebuah ban, “ECOPIA EP100A” juga bagian dari perwujudan komitmen Bridgestone yang ingin menjawab tantangan masyarakat global untuk ikut serta melestarikan lingkungan.
Ban ini sangat irit bahan bakar. Dengan cata kerja “rolling resistance”, yaitu menekan daya hambat putaran ban pada permukaan jalan dapat mengurangi pelepasan gas CO2 saat terjadi gesekan. Ban ini diklaim juga mampu menekan pembuangan tanpa mengurangi kualitas performa pengendalian dan keselamatan.
Seperti diungkap Deni Arief Pribadi, Training and Technical Support Section Manager Bridgestone, “ECOPIA EP100A” adalah produk peduli lingkungan, hemat BBM dan pembuangan emisinya lebih sedikit”
Tingginya tingkat konsumsi bahan bakar di Indonesia dan merugikan banyak pihak serta memicu rusaknya lingkungan dan menyusul gas buang yang berlebihan di udara, agaknya menjadi pertimbangan serius Bridgestone meluncurkan produk ini. Berkat “ECOPIA EP100A” efisiensi penggunaan bahan bakar bisa mencapai 3.1 persen.
Daya hambat putaran ban yang semakin kecil, otomatis semakin kecil pula daya dorong mesin yang dibutuhkan, hal ini sekaligus menghemat bahan bakar. Demikian penjelasan Deni Arief, hal ini akan berimbas pula mengurangi gas karbon yang dihasilkan.
“ECOPIA EP100A” didesain agar performa pengendaliannya tetap maksimal, meski menghadapi pengereman mendadak baik di jalan atau pada permukaan basah maupun kering, tentu saja dengan tetap menempatkan faktor keselamatan pada prioritas tertinggi.
Akselarasi ban ini saat “start up” sangat ringan sehingga bisa mencapai kecepatan yang diinginkan. Sebaliknya, saat pedal gas dilepas, ban akan secara halus mengurangi kecepatan sehingga berkendara terasa lebih nyaman.
“ECOPIA EP100A” telah digunakan di Jepang sejak 1991 bagi mobil elektrik, sementara di Indonesia baru diluncurkan tahun ini untuk mobil berbahan bakar bensin dan solar. “ECOPIA EP100A” adalah penggabungan bahan silika dengan berbagai material yang mampu meningkatkan distribusi energi, sekaligus merendahkan daya hambat putaran ban.

(maya/sm/CN19)

Posted in: Oto_Mobil