Fungsi Refrigeran, Evaporator, Drier di AC Mobil

Posted on 13 Oktober 2010

0



Fungsi Refrigeran, Evaporator, Drier di AC Mobil

AC mobil memang sangat vital untuk kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, komponen-komponennya harus diperhatikan. Berikut beberapa komponen AC tersebut.

Refrigeran
Gas dengan kode R134  ini merupakan darah di dalam sistem AC. Tanpa refrigeran yang cukup di dalam kompresor, sistem pendinginan tak bisa sempurna. Kini banyak tersedia versi botol kecil 200-300 gram selain dari versi kiloan dalam tabung hijau. Biaya tambah refrigeran cukup bervariasi antara Rp 60-100 ribu. Sementara refrigeran botol dengan konsentrat 97% ke atas dibanderol Rp 225 ribu untuk sekali isi (sebanyak 2 botol).

Evaporator
Refrigeran yang sudah berubah wujud menjadi hawa dingin akan mangkal di evaporator untuk ditiup angin dari kipas blower. Bentuknya seperti radiator aluminium dengan ukuran sangat tebal. Penyakit evaporator adalah bocor karena tekanan gas yang tinggi. Lakukan servis berkala atau perbaikan dengan api las bila mengalami kebocoran. Tetapi sekarang sudah banyak versi limbah maupun yang orisinal. Harga berkisar Rp 1 juta untuk mobil-mobil umum.

Drier
Refrigeran yang bentuk awalnya berupa gas bertekanan tinggi, disaring botol dryer agar saat masuk ke dalam evaporator sudah dalam kondisi bersih dan netral. Lantaran bersifat sebagai penyaring, botol drier memiliki usia pakai antara 6-12 bulan. Ganti botol dryer setiap setahun sekali untuk performa maksimal. Harganya berkisar Rp 200-350 ribu tergantung kualitas.[sssb]

Posted in: Oto_Mobil